Baru Menjabat Pj Gubernur, Nana Sudjana akan Fokus Jaga Stabilitas Jateng Jelang Pemilu 2024

Baru Menjabat Pj Gubernur Nana Sudjana akan Fokus Jaga Stabilitas Jateng Jelang Pemilu 2024

SEMARANG, Lingkar.news – Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyatakan siap melanjutkan sinergi dan soliditas dengan berbagai pihak yang dibangun Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Nana Sudjana mengatakan dalam 7 hari ke depan, sebagai penjabat baru ia terlebih dulu akan berkoordinasi dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan di Jawa Tengah untuk memetakan kondisi di lingkup internal.

“Yang pasti saya akan masuk dulu ke dalam untuk berkoordinasi dengan lingkup internal untuk pemetaan masalah-masalah yang ingin kita selesaikan. Kemudian bersilaturahmi dengan instansi terkait untuk lebih menguatkan kebersamaan karena itu sebagian kunci untuk menuju kesuksesan,” kata Nana pada Serah Terima Jabatan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng Periode 2018-2023 kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jateng di Semarang, Rabu, 6 September 2023.

Meski demikian, dalam waktu dekat ini, ia akan fokus bagaimana menghadapi Pemilu serentak 2024 di Jawa Tengah agar tercipta suasana yang kondusif.

“Tentunya kami beserta Forkopimda akan memaksimalkan pelaksanaan pemilu maupun pilkada ini, sehingga dapat berjalan dengan baik. Dan yang paling utama adalah untuk menjaga stabilitas di Jawa Tengah ini, persiapan-persiapan akan kami matangkan,” jelasnya.

Saat disinggung soal blusukan ke desa-desa yang dilakukan gubernur sebelumnya, Nana Sudjana mengatakan akan mengikuti rekam jejak Ganjar Pranowo. Salah satunya dengan blusukan ke daerah-daerah yang ada di Jawa Tengah.

“Blusukan adalah cara efektif biar kita tahu bagaimana kondisi di lapangan seperti apa, keluhan masyarakat bisa kita dengar secara langsung. Saya kira blusukan adalah metode bagaimana kita bisa melihat langsung dari kaca mata kita sendiri, bukan orang lain. Sehingga kita bisa pikirkan secara matang untuk eksekusi masalah,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jateng Sumarno mengatakan Pj Gubernur Nana Sudjana akan melanjutkan pekerjaan rumah yang ditinggalkan Ganjar, salah satunya dengan melihat pada Rencana Pembangunan Jateng (RPJ) Jawa Tengah di masa transisi sebelum terpilihnya gubernur baru.

“Pada RPJ itu sendiri masalahnya juga sama seperti yang sebelumnya, yaitu bagaimana pengentasan kemiskinan, stunting, pengangguran, dan inflasi. Namun yang paling penting bagaimana kita mengokohkan tembok anti korupsi,” jelas Sumarno.

Di sisi lain, Gubernur Jateng Periode 2018-2023 Ganjar Pranowo yakin dengan kinerja Nana Sudjana yang telah lama berkiprah di kepolisian. Ia menyebut Nana punya kepemimpinan yang mumpuni dan mampu membawa Jateng lebih baik.

“Beliau sudah tidak asing dengan Jawa Tengah karena pernah bertugas di Polda Jateng. Saya berharap Pak Nana beserta ibu dengan semangat kerja baru, mudah-mudahan selama satu tahun ke depan Pak Nana akan membawa Jawa Tengah lebih maju,” tegasnya. (Lingkar Network | Rizky Syahrul – Lingkar.news)