Bupati Hartopo Minta OPD Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik di Kudus

Bupati Hartopo Minta OPD Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik di Kudus

KUDUS, Lingkar.news Bupati Kudus HM Hartopo menekankan adanya inovasi dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, inovasi harus terus dilakukan agar pelayanan ke masyarakat selalu optimal.

Pihaknya telah berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan publik yang inovatif dan berintegritas. Dirinya mengungkapkan, ingin mewujudkan pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, transparan, dan akuntabel.

Bupati Hartopo mengatakan, seluruh pejabat pemerintah harus mampu membuat terobosan baru dalam segi pelayanan publik. Di mana semakin baik pelayanan yang diberikan, maka akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses suatu pelayanan yang diperlukan.

“Perlu adanya inovasi yang baik dalam pelayanan publik sehingga masyarakat yang membutuhkan suatu pelayanan dapat mengakses dengan mudah,” ujarnya.

Ia pun meminta agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berinovasi membuat pelayanan yang semakin mudah. Contohnya yakni dengan menciptakan dan mengoptimalkan suatu aplikasi yang lebih efektif.

“Para pegawai jangan monoton dalam pelayanan, ciptakan dan kelola dengan maksimal sebuah inovasi baik yang telah ada maupun yang masih direncanakan untuk mempermudah pelayanan. Sehingga, masyarakat bisa mengakses pelayanan secara online untuk mengurangi jumlah antrean mengingat keterbatasan SDM yang dimiliki,” papar Bupati Hartopo.

Dirinya pun menilai bahwa, pelayanan publik di Kabupaten Kudus saat ini tidak mengalami penurunan kualitas. Hanya saja, kata Bupati Hartopo, perlu ada terobosan terbaru dalam hal pelayanan publik yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

“Inovasi yang diciptakan itu harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berkembang terus menerus. Supaya semua permasalahan yang ada dalam hal pelayanan publik bisa tertangani,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan bahwa, peningkatan pelayanan publik merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama. Oleh sebab itu, sebagai wujud komitmen, Pemkab Kudus berupaya mewujudkan pemerintahan yang semakin handal untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Peningkatan pelayanan publik adalah tantangan kita bersama. Maka dari itu, mari bersama wujudkan pemerintahan yang berkualitas dalam menyelenggarakan pelayanan publik,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Bupati Hartopo juga meminta seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Kudus bekerja dengan hati yang ikhlas dan secara riil. Pihaknya juga menekankan sinergitas antar OPD harus terjalin dengan harmonis. Terlebih, semua OPD harus saling terintegrasi di dalam penyelenggaraan pelayanan sebagai wujud komitmen mengabdi kepada negara.

“Bekerja harus dengan hati yang ikhlas dan secara riil, khususnya dalam melayani publik. Antar dinas harus saling terintegrasi dengan baik dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Semua demi wujud komitmen kita sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat,” sebutnya.

Sebagai abdi negara, Bupati Hartopo meminta orientasi harus selalu fokus pada pelayanan masyarakat. Dengan demikian, untuk menghasilkan pelayanan publik yang prima, harus didukung birokrasi yang baik dan bersih serta SDM yang berkualitas.

“Orientasi kita harus fokus pada pelayanan publik saja, jangan berorientasi yang macam-macam. Saya minta dalam penyelenggaraan pelayanan publik harus didukung dengan birokrasi yang baik, bersih, sederhana, fleksibel, serta menerapkan tata kelola yang cepat dan SDM yang berkualitas,” pintanya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)