Debat Kelima Pilpres Tanpa Penonton? Begini Keterangan Ketua KPU

Ketua KPU RI Hasyim Asyari

Jakarta, Lingkar.news – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusulkan acara debat digelar tanpa ada penonton namun Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan aturan teknis dan format debat kelima Pilpres 2024 akan tetap menggunakan format yang sama seperti sebelum-sebelumnya .

“Format debat, termasuk penyelenggaranya, tetap. Tetap ada tim sukses pasangan calon yang jumlahnya 75 orang. Jadi, tetap,” kata Hasyim menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Kamis.

Hasyim menjelaskan bahwa KPU telah mengevaluasi penyelenggaraan debat keempat yang berlangsung pada tanggal 21 Januari 2024. Masing-masing pasangan calon telah menyampaikan catatannya dalam rapat evaluasi itu.

“Nanti dalam kesempatan berikutnya, KPU akan melakukan rapat dengan TV penyelenggara debat terakhir yang kelima, dan nanti juga akan ada rapat selanjutnya yang mempertemukan antara KPU, tim pasangan calon, dan pihak televisi yang akan menyelenggarakan debat,” kata Hasyim.

Debat kelima nanti dijadwalkan digelar pada tanggal 4 Februari 2024. Dalam debat pamungkas yang menampilkan tiga calon presiden di atas panggung nanti adalah sesi debat resmi terakhir yang digelar oleh KPU RI selama masa kampanye Pilpres 2024.

Tema yang diangkat dalam debat terakhir nanti di antaranya adalah soal kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan inklusi.

KPU RI menyelenggarakan lima debat yang diikuti secara bergantian oleh calon presiden dan calon wakil presiden. Debat menjadi salah satu kegiatan kampanye yang diwadahi KPU selama periode kampanye, mulai 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Debat pertama, yang diikuti para Calon Presiden, mengangkat tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat yang kedua diikuti para Calon Wakil Presiden, mengangkat tema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, serta infrastruktur dan perkotaan.

Debat ketiga, yang kembali diikuti para capres, mengangkat tema pertahanan dan keamanan, geopolitik, hubungan internasional; dan globalisasi. Kemudian, debat keempat, yang berlangsung pada akhir pekan lalu, diikuti para cawapres. Tiga cawapres membahas isu-isu seputar masyarakat adat, pedesaan, lingkungan hidup, energi, dan reforma agraria.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

KPU juga telah menetapkan jadwal masa kampanye mulai tanggal 28 November 2023 hingga tanggal 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara atau pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024. (rara-lingkar.news)