Jaga Netralitas, Pj Gubernur Jateng Minta ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Jaga Netralitas Pj Gubernur Jateng Minta ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

SEMARANG, Lingkar.news Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menekankan pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng pada Pemilihan Umum 2024. Ia juga melarang ASN terlibat dalam politik praktis.

“Selama pemilu nanti, kami sudah menekankan kepada seluruh aparatur sipil negara tidak ada yang bermain politik praktis. ASN netral dalam pelaksanaan pemilu maupun pilkada yang akan kita laksanakan di tahun 2024 ini,” kata Pj Gubernur Jateng di Semarang, pada Senin, 25 September 2023.

Terkait dengan hal itu, Nana meminta setiap ASN memahami betul bagaimana situasi politik yang berlaku saat ini guna menghindari berbagai penyimpangan.

“Jadi kita harus mengetahui dan memahami bagaimana politik itu, tapi tidak ada anggota ASN yang bermain politik praktis,” ujarnya.

Menurutnya, pemahaman mengenai situasi politik penting bagi setiap ASN terutama terkait isu hoaks yang berpotensi muncul selama tahapan pilkada.

Oleh karena itu, lanjut dia, ASN harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk meredam dan memberikan pemahaman terkait isu hoaks yang mungkin beredar maupun tindakan yang mengarah pada pelanggaran pemilu.

“Kita berharap ke depan, saya yakin, masyarakat kita semakin pandai, semakin mengetahui dan kita harapkan dalam pelaksanaan nanti berjalan dengan baik. Kita akan jamin masalah kondusivitas,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa, Pemprov Jateng terus menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan forkompimda sebagai persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 karena tiap instansi tidak bisa berjalan sendiri.

“Pemetaan potensi konflik sudah dilakukan. Tadi juga sudah dipraktikkan oleh petugas bagaimana mengatasi konflik yang ada. Saya rasa ini kerja sama dan kolaborasi antara TNI-Polri dan pemda dalam penanganan situasi ketika menghadapi permasalahan terkait tahapan pemilu,” pungkasnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)