Kebut Perekaman KTP Digital, Dindukcapil Rembang Rutin Sambangi Instansi Vertikal hingga Sekolah

Kebut Perekaman KTP Digital Dindukcapil Rembang Rutin Sambangi Instansi Vertikal hingga Sekolah

REMBANG, Lingkarjateng.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang gencar menyambangi berbagai instansi. Hal itu dilakukan untuk percepatan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital (IKD), semacam Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital

Kepala Dindukcapil Kabupaten Rembang Suparmin mengatakan, pihaknya telah melakukan perekaman IKD ke sejumlah tempat. Antara lain Badan Pertanahan Nasional (BPN), SMPN 5 Rembang, Makodim 0720, dan Mapolres Rembang.

Sementara pada Selasa, 24 Oktober 2023, upaya jemput bola dilakukan di MA Riyadlotut Thalabah Kecamatan Sedan. 

 “Kita terus jemput bola ke instansi vertikal, sekolah-sekolah. Kalau 2022 kemarin ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Nanti arahnya juga ke pegawai perbankan juga,” ungkapnya. 

Para petugas ke lokasi dengan peralatan perekaman lengkap, sehingga perekaman KTP Digital langsung selesai.

Sejauh ini kurang lebih 6.200 orang berhasil melakukan perekaman KTP Digital. Sementara saat ini sudah 12.400 orang yang memiliki IKD.

Saat ini, Suparmin mengimbuhkan, pihaknya menyasar 4000-an guru yang akan dibuatkan IKD. Ia memanfaatkan forum kegiatan guru untuk didatangi dan dibuatkan IKD.

“Di SMP Negeri 5 Rembang itu guru yang perekaman banyak. Waktu itu ada acara berkaitan dengan Dapodik, jadi guru-guru di sekolah lain juga datang,” ujarnya. 

IKD menjadi solusi untuk menggantikan penerbitan e-KTP yang masih banyak dikeluhkan masyarakat. Seperti terganggunya jaringan, ketersediaan blangko, dan mahalnya peralatan dan blangko itu sendiri.

Selain itu, IKD juga mempermudah akses ke layanan publik, lebih praktis, dan cepat. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Lingkarjateng.id)