Kepala Dinnakerind Demak Beri Motivasi 80 Peserta PBK

Kepala Dinnakerind Demak Beri Motivasi 80 Peserta Pelatihan

DEMAK, Lingkar.news – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakerind) Kabupaten Demak, Agus Kriyanto memberikan arahan kepada 80 peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Balai Latihan Kerja (BLK) Demak, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Dinnakerind Demak Agus Kriyanto menyampaikan bahwa, PBK ini diharapkan bisa membantu menurunkan jumlah pengangguran di Kabupaten Demak.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada peserta pelatihan di BLK Demak untuk terus meningkatkan semangat dan menggali ilmu sesuai kejuruan.

“Saya minta kepada peserta pelatihan untuk tetap ikuti arahan dari BLK Demak dan gali sedalam mungkin ilmu, sesuai kejuruan yang dipilih,” kata Kepala Dinnakerind Demak, Agus Kriyanto, pada Rabu, 10 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memberikan pertanyaan kepada peserta terkait langkah ke depannya setelah lulus dari BLK Demak.

“Rencananya habis lulus dari sini mau ngapain?,” tanya Agus kepada peserta.

Sebagian peserta menjawab ingin bekerja di pabrik, sedangkan sebagian ada yang menjawab ingin membuka usaha.

Agus juga menyampaikan pentingnya attitude yang baik saat terjun di dunia kerja.

Menurutnya, perusahaan menilai kinerja tidak hanya dari segi keuletan saja, melainkan attitude pekerja juga ikut dinilai.

“Jangan sampai ada lulusan dari BLK Demak yang memiliki attitude buruk saat bekerja. Misalnya, tidak disiplin, tidak patuh terhadap aturan perusahaan, bahkan mencuri. Jangan sampai seperti itu, ya,” pesannya.

Ia berharap, Pelatihan Berbasis Kompetensi ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Demak dan mengurangi angka pengangguran.

“Dengan adanya pelatihan seperti ini, kami berharap bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Demak. Mudah-mudahan setelah lulus dari sini bisa langsung bekerja atau berwirausaha sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta BLK Demak, Widya Ayu yang berasal dari Desa Pilangrejo Kecamatan Wonosalam mengatakan bahwa, dirinya mendaftar pelatihan di BLK Demak karena mendapatkan informasi dari temannya.

“Sebelumnya, saya bekerja di salah satu pabrik, setelah saya keluar dari pabrik kemudian ikut mendaftar di BLK Demak. Alhamdulillah diterima,” kata Widya.

Dia berharap, melalui kejuruan yang dipilih, dirinya bisa mempelajari lebih dalam terkait Teknik Komputer yang nantinya bisa menjadi bekal saat terjun di dunia kerja atau wirausaha.

“Tujuan saya mengikuti pelatihan di BLK Demak, untuk mencari pengalaman baru dan belajar agar bisa mendalami Teknik Komputer. Harapannya, saya bisa membuka usaha seperti foto copy dan lain-lain yang terkait dengan komputer,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Koran Lingkar)