Permudah Pelayanan Gawat Darurat, Bupati Demak Launching LATANZA

Permudah Pelayanan Gawat Darurat Bupati Demak Launching Latanza

DEMAK, Lingkar.news Bupati Demak Eisti’anah meluncurkan Layanan Antar Jemput Ambulan Jenazah (Latanza) untuk masyarakat Kabupaten Demak. Layanan tersebut merupakan inisiasi Demak Emergency System Public Safety Center 119 (DES PSC 119). 

Bupati Eisti’anah menyampaikan Latanza merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat.

“Ini merupakan bukti nyata dari Pemkab Demak untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, utamanya dalam memberikan pertolongan pertama kegawatdaruratan dan rujukan pra hospital,” ujarnya, Senin, 26 Februari 2024.

Menurut Bupati Eisti’anah, perkembangan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu melalui implementasi Public Safety Center 119 Kabupaten Demak semakin baik. 

“Alhamdulillah di tahun 2024 ini, DES PSC 119 berhasil mengembangkan layanannya, yaitu layanan antar jemput pasien dari rumah ke fasilitas kesehatan dengan didampingi tim tenaga kesehatan dan armada ambulans yang lengkap dengan alat dan obat-obatan emergency,” terangnya. 

Agar program Latanza berjalan maksimal, Bupati Eisti’anah meminta agar informasi layanan kesehatan tersebut bisa disampaikan. Sebab Pemkab Demak mendukung dan berupaya penuh untuk keselamatan masyarakat. 

“Pemkab Demak memiliki DES PSC 119 yang diperuntukkan untuk semua masyarakat Kabupaten Demak, terutama masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan kegawatdaruratan seperti kecelakaan, ibu melahirkan, informasi ketersediaan darah, maupun informasi ketersediaan tempat rawat inap,” tuturnya.  

Pihaknya berharap dengan adanya layanan Latanza bisa menjadikan Demak bermartabat maju dan sejahtera. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Ali Maimun, menyampaikan layanan Latanza merupakan program yang memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

“Universal Health Coberage (UHC) di Demak mencapai 98 persen per Maret 2024, artinya hampir seluruh masyarakat Demak sudah ter-cover oleh program jaminan kesehatan nasional,” ungkapnya. 

Kendati demikian, Pemkab Demak akan terus mengembangkan sebuah inovasi layanan kesehatan lainnya untuk menjamin kesehatan masyarakat. 

“Kami tidak berhenti di situ, kita terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat khususnya di Demak,” pungkasnya. (Lingkar Network | M. Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)