Pj Bupati Jepara Pecahkan Rekor MURI dalam Gebyar Hari Ikan Nasional ke-10

Pj Bupati Jepara Pecahkan Rekor MURI dalam Gebyar Hari Ikan Nasional ke 10

JEPARA, Lingkar.news Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta sukses memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yakni membakar ikan oleh pejabat terbanyak yang dilakukan di Pantai Telukawur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Minggu, 15 Oktober 2023. Piagam penghargaan rekor MURI ini, ia terima sebagai pemrakarsa sekaligus penyelenggara kegiatan tersebut.

Kegiatan ini digelar dalam rangka Gebyar Hari Ikan Nasional ke-10 tingkat Kabupaten Jepara, dengan tema “Ikan untuk Generasi Emas”. Rekor membakar ikan oleh pejabat terbanyak dengan menggunakan bumbu srepeh khas Karimunjawa ini, dicatat sebagai rekor MURI ke-11.306. 

Pj Bupati Jepara bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan membakar ikan bersama ini. Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu mengkampanyekan gemar makan ikan kepada warga Jepara agar tingkat konsumsi ikan bisa meningkat.

“Ini adalah upaya kita dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Jepara, sekaligus sosialisasi gemar makan ikan. Hal ini karena Jepara terkenal dengan kuliner ikannya. Karena berada di kawasan pesisir sehingga tidak hanya ikan laut, ketersediaan ikan air tawar juga melimpah,” ujar Pj Bupati Jepara.

PECAHKAN REKOR: Pj Bupati Jepara Jepara Edy Supriyanta (topi merah) bersama para pejabat membakar ikan di Pantai Telukawur, Desa Wisata Bahari Telukawur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada Minggu, 15 Oktober 2023. (Kominfo Jepara for Lingkar/Lingkar.news)

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan gizi masyarakat. Sehingga bisa mempercepat turunnya angka stunting di Jepara.

Pada kesempatan itu, ia juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat yaitu, makanan tambahan untuk balita stunting senilai Rp 363 juta, bantuan mesin kapal dan jaring, bantuan paket budidaya lele bioflok, bantuan bedah unit pengelolaan ikan 2 unit, dan bantuan sarana mobilisasi hasil produksi garam rakyat (perahu) 5 unit.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara Farikha Elida menyebut, total ikan yang dibakar bersama ini sebanyak 7,12 kuintal atau sekitar 5 ribu ekor. Masing-masing terdiri dari ikan nila sebanyak 187 kilogram, lele 320 kilogram, bandeng 75 kilogram, dan ikan laut 130 kilogram.

“Selain itu juga disediakan 1.500 nasi bungkus dari Dinsospermasdes dan olahan dua ekor kambing dari BPBD Jepara,” kata Elida.

Diketahui, sebanyak 500 pejabat mulai dari tingkat kabupaten dan desa terlibat dalam pemecahan rekor MURI ini. Hadir juga perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pj Bupati Jepara hingga para petinggi bersama-sama membakar ikan yang kemudian dibagikan ke masyarakat. (Lingkar Network | Koran Lingkar)