Presiden Jokowi ke Wonogiri, Tinjau Harga Bahan Pokok dan Bagikan Bansos

Presiden Jokowi ke Wonogiri Tinjau Harga Bahan Pokok dan Bagikan Bansos

WONOGIRI, Lingkar.news Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meninjau langsung ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah, pada Kamis, 1 Februari 2024.

Menurut Presiden, harga sejumlah bahan pokok di pasar tersebut masih dalam kondisi yang baik. Hal ini ia sampaikan kepada awak media usai peninjauan, seperti disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa harga cabai kini mengalami penurunan, yang semula harganya bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

“Ya harga-harga baik. Saya lihat tadi bawang merah harga bagus Rp 25 ribu. Kemudian cabai Rp 35 ribu, dulu kan sampai Rp 100 ribu. Kemudian yang agak naik memang beras,” ujar Presiden Jokowi.

Terkait harga beras yang masih tinggi, Presiden Jokowi mengatakan telah menginstruksikan ke Bulog untuk menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Kota Wonogiri.

Sedangkan terkait stok, dia menyebut bahwa ketersediaan beras masih dalam kondisi aman.

“Stok beras tidak ada masalah, hanya perlu intervensi untuk harga,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pedagang.

Sementara itu, salah seorang pedagang ayam, Lasiyem mengucapkan terima kasih atas bantuan modal yang ia terima.

“Dikasih uang bantuan ini untuk modal. Senang Alhamdulillah matur nuwun, terima kasih,” kata Lasiyem.

Senada dengan Lasiyem, Sri Lanjari merupakan pedagang kerupuk yang telah berjualan selama 17 tahun itu, mengaku akan memanfaatkan bantuan yang diterimanya untuk tambahan modal usaha.

“Terima kasih Bapak Jokowi. Senang banget. Buat tambahan modal. Terharu, pokoknya terima kasih, sehat selalu Bapak Jokowi,” kata Lanjari.

Diketahui, turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peninjauan ini adalah Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)