Presiden Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja ke Jateng, ini Agendanya

Presiden Jokowi ke Jawa Tengah untuk Kunjungan Kerja Hari Ini Ini Agendanya

JAKARTA, Lingkar.news Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo ke Jawa Tengah, pada Senin, 22 Januari 2024.

Kunjungan kerja (kunker) Presiden Jokowi ke Jawa Tengah tersebut untuk menghadiri apel santri dan pelajar hingga menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat.

Sekretariat Presiden (Setpres) di Jakarta menginformasikan bahwa, Presiden Jokowi bertolak ke Provinsi Jawa Tengah melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Kepala Negara dan rombongan terbatas lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 06.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanan dengan berkendara mobil ke sejumlah lokasi kegiatan.

Dalam kunjungannya di Provinsi Jawa Tengah kali ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan sejumlah bantuan antara lain bantuan pangan, meninjau dan meresmikan infrastruktur, menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, hingga menghadiri apel santri dan pelajar. 

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin dan Plh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Erlin Suastini.

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Salatiga

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, pada Senin, 22 Januari 2024 Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah untuk memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah diterima dengan baik.

“Hari ini adalah hari pertama bantuan pangan kita berikan, ibu-ibu sudah dapat semua yang 10 kilo?” tanya Presiden kepada para penerima manfaat yang hadir.

Kemudian dilansir dari laman Presiden RI, dalam kesempatan tersebut juga Presiden Joko Widodo mengunjungi dan meninjau fasilitas kesehatan dan pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga.

Menurut Presiden, pelayanan di RSUD tersebut sudah terbebas dari pungutan dan pembatasan bagi pasien yang menginap.

“Saya tanyakan tadi apakah ada pungutan? Ndak ada. Apakah pasien nginap di rumah sakit dibatasi? Juga tidak. Saya kira ini bagus,” ujar Presiden dalam keterangannya usai peninjauan.

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Magelang

Selain berkunjung ke Salatiga, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan empat ruas jalan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang menjadi akses evakuasi penduduk sekitar Gunung Merapi.

“Ruas Muntilan-Keningar, Sukomarmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi, sehingga perlu saya lihat, saya tunjuk dan sudah selesai,” kata Presiden Jokowi.

Perbaikan empat ruas jalan tersebut, yakni Muntilan, Keningar, Sukomakmur, dan Petung Pakis di Kabupaten Magelang ini merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Usai meresmikan 4 ruas jalan, Presiden Widodo juga menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar. Presiden Jokowi mengatakan, bantuan Program Indonesia Pintar diberikan kepada siswa dan siswi di Magelang masing-masing untuk SD sebesar Rp450.000 per tahun, SMP Rp750.000 per tahun, dan SMA/SMK sebesar Rp1.800.000 per tahun.

“Uang ini digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan sekolah. Untuk beli buku, untuk beli alat-alat tulis, untuk beli seragam, untuk beli sepatu bisa. Untuk beli pulsa handphone? tidak boleh. Untuk beli handphone enggak boleh, untuk beli pulsa handphone tidak boleh,” kata Presiden Jokowi.

Kegiatan Kunker Presiden Jokowi ke Jawa Tengah dikabarkan berlangsung hingga Besok, 23 Januari 2024 dan dijadwalkan akan mengunjungi Kabupaten Grobogan. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)