Puan Maharani Titip Pesan Ini Terkait Pergantian Anggota Dewas LPI

Puan Maharani Titip Pesan Ini Terkait Penggantian Anggota Dewas LPI

JAKARTA, Lingkar.news – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPl), Sri Mulyani, menemui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Puan Maharani, dalam rangka konsultasi pergantian anggota Dewas LPI dari unsur professional pada Kamis, 25 Januari 2024.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan mengajak serta dua calon terpilih Anggota Dewas LPI, yaitu petahana Haryanto Sahari, dan Ancella A Hermawan.

Turut hadir dalam konsultasi tersebut di antaranya, Wakil Menkeu Suahasil Nazara, Wakil Menteri BUMN Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekjen Kemenkeu Heru Pambudi. Sedangkan Puan didampingi Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah, dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel FP.

Pansel Anggota Dewas LPI dibentuk pemerintah karena masa jabatan tiga tahun untuk Haryanto Sahari telah selesai 22 Januari 2024.

Sedangkan pembentukan anggota Dewas LPI harus melalui konsultasi terlebih dahulu dengan DPR RI. Hal ini berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Agenda kegiatan tersebut dalam rangka pemberian nama calon anggota Dewas LPI yang telah disepakati Pansel kepada DPR, untuk dikonsultasikan sebelum calon terpilih nantinya dilantik Presiden. Anggota Dewas LPI dari unsur profesional berjumlah tiga orang. Mereka bekerja bersama dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati sebagai Ketua Dewas LPI dan Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya merupakan Dewan Pengawas LPI dari kalangan Pemerintah.

”LPI didirikan dalam rangka memperkuat kapasitas pembiayaan pembangunan nasional, yang dikelola secara korporasi dan profesional,” ujar Puan di Ruang Pimpinan DPR di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI tersebut menyampaikan, Dewas LPI harus mampu berperan demi kinerja lembaga tersebut agar lebih baik lagi ke depannya. Puan mengharapkan, pergantian salah satu anggota Dewas dari unsur profesional akan bisa menunjang peningkatan kinerja LPI.

”LPI diminta agar dapat terus meningkatkan kinerjanya, sehingga berkontribusi semakin besar dalam menyediakan pembiayaan pembangunan nasional,” ujarnya.

Adapun anggota Dewas LPI dari unsur profesional yang masih menjabat yaitu Darwin Cyril Noerhadi dan Yozua Makes.

Dewan Pengawas selama ini bertugas melaksanakan pengawasan atas pengelolaan LPI yang diselenggarakan Dewan Direktur.

Dewas LPI juga melakukan seleksi dan pengangkatan dewan direktur, yang bertanggung jawab melaksanakan operasionalisasi LPI. Selain itu, dewan pengawas LPI bertugas menyusun pengaturan dasar-dasar pengelolaan LPI, untuk menjadi landasan kegiatan operasional lembaga tersebut. (Lingkar Network | Arif Prayoga – Lingkar.news)