Sayap Organisasi Partai Gerindra Jagokan Sudaryono Maju Pilgub Jateng

Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono

Semarang, Lingkar.news – Sudaryono dijagokan maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2024 oleh sayap organisasi Partai Gerindra dan Pengurus Daerah (PD) Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Jawa Tengah.

Ketum Pengurus Daerah Gerindra Jawa Tengah Hery Pudyatmoko di Semarang, Minggu (10/3), menyebut bahwa seluruh pengurus cabang Satria di Jateng sepakat mengusung Sudaryono yang juga Ketua DPD Partai Gerindra menjadi Cagub Jateng.

“Hari ini kami rakorda (rapat koordinasi daerah) diikuti 35 (PC Satria, red.) kabupaten/kota se-Jateng sepakat mengusung dan memberikan mandat kepada Mas Dar (Sudaryono, red.) maju di perhelatan Pilgub Jateng,” katanya.

Menurut dia, Sudaryono dianggap terbukti mampu menakhodai Gerindra Jateng sehingga pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berdasarkan quick count, meraih suara terbanyak pada Pilpres 2024.

Hasil Rakorda PD Satria Jateng itu yang mendukung Sudaryono sebagai Cagub Jateng itu selanjutnya akan diberikan kepada DPD Gerindra Jateng dan akan dikirim ke DPP Gerindra sebagai induk organisasi.

“Kami berharap hasil rakorda menjadi sebuah bahan hingga turunnya surat keputusan atau rekomendasi terhadap Mas Dar untuk maju Pilkada Jateng,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono mengapresiasi dukungan dari Satria selaku sayap organisasi partai berlambang burung garuda itu terhadap dirinya untuk maju pada Pilkada Jateng.

“Ini bentuk apresiasi karena apa pun kinerja kami selama pemenangan Prabowo-Gibran, selama lebih kurang 4 bulan saya di sini. Kami merasa mendapatkan apresiasi dari teman-teman yang kerja di lapangan,” katanya.

Bukan hanya Satria, kata dia, sejumlah instrumen sayap Gerindra lainnya dan sukarelawan juga telah menyatakan dukungan kepadanya untuk maju sebagai Cagub Jateng yang membuatnya sangat terkesan.

Ia menjelaskan bahwa mekanisme Pilgub Jateng sebenarnya masih sangat panjang dengan pelaksanaan yang dijadwalkan pada bulan November 2024, sedangkan pendaftaran kemungkinan dibuka mulai Agustus mendatang.

Dukungan yang merupakan aspirasi dari bawah itu akan disampaikan ke pusat, DPP Partai Gerindra, dan nantinya keputusannya bergantung pada ketua umum dan sekretaris jenderal yang dituangkan dalam rekomendasi.

“Intinya begini, kalau memang partai menghendaki saya maju, kemudian dituangkan dalam rekomendasi DPP, tentu sebagai kader yang baik, saya siap untuk maju menjadi calon Gubernur Jateng,” pungkas Sudaryono. (rara-lingkar.news)