Siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati Sukses Sabet Gelar Juara I Badminton di Belanda

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati Sukses Sabet Gelar Juara I Badminton di Belanda

PATI, Lingkar.news – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati dalam kejuaraan Yonex Dutch Junior International 2023. Dialah Pulung Ramadhan, siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) kelas X. Nama Pulung sukses mencuri perhatian usai berhasil menjadi Juara 1 Ganda Putra bersama patnernya Anselmus Breagit F.

Prestasi Pulung ini mendapatkan dukungan dari pihak sekolah. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Pati, Rully Feranika, M.Pd. menyebutkan bahwa dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), setiap siswa berhak menggali potensi sesuai dengan minat dan bakat.

“Kami menerapkan IKM di mana sekolah bertugas untuk memberi ruang bagi siswa dalam mengembangkan bakatnya di jalur prestasi, baik secara akademis maupun non-akademis. Oleh karena itu, SMK Muhammadiyah 1 Pati mendukung penuh bakat anak didik kami, Mas Pulung, untuk mengembangkan bakatnya sebagai atlet badminton profesional,” terangnya.

Ia berharap, keterlibatan Pulung dalam kejuaraan badminton tingkat Internasional dapat mengharumkan nama Kabupaten Pati di kancah nasional, khususnya SMK Muhammadiyah 1 Pati.

“Ini sesuatu yang sangat membanggakan sekali, karena Mas Pulung ini bukan hanya jadi juara tingkat provinsi lagi, melainkan sudah juara 1 di ajang Internasional. Mas Pulung juga akan kembali bermain untuk Indonesia nanti di Jerman. Jadi kami turut bangga, anak didik kami bisa mengharumkan nama daerah, terkhusus nama sekolah,” jelas Rully.

POTRET: Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Pati, Rully Feranika, M.Pd. (Istimewa/Lingkar.news)

Ia menambahkan bahwa, Pulung memang anak yang disiplin. Ia tekun berlatih untuk mengejar cita-citanya menjadi atlet badminton profesional.

“Kami pernah mendengar dari ayah Mas Pulung, dia itu hanya memegang ponsel dalam sehari, kurang dari 1 jam. Dan waktu-waktunya yang lain, lebih ia dedikasikan untuk berlatih badminton. Sebagai pendidik, hal ini patut kita jadikan contoh bagi teman-temannya yang lain agar bisa fokus dan tekun dalam meraih cita-cita,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Pulung/Anselmus berhasil menang lawan perwakilan China, Chen Zhe Han/Lin Xiang Yi pada gelaran laga final Yonex Dutch Junior Internasional 2023 pada Sabtu, 4 Maret 2023 lalu. Pertandingan sengit itu berlangsung di Badmintonhall Degiro Hall, Haarlem, Netherlands. Pulung dan patnernya sukses menyabet gelar juara usai mengalahkan lawannya dengan dua game langsung 22-20, 21-19 dalam waktu 35 menit.

Selanjutnya, ia akan mewakili Indonesia dalam Yonex German Junior 2023 yang akan berlangsung pada 8-12 Maret mendatang. (Lingkar Network | Koran Lingkar)